Langsung ke konten utama

CARA KERJA KOMPUTER

Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaang berupa sebuah informasi.
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang yang disebut sistem komputer. Sistem yang dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut.


1. Pemasukan (Input)

Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses.

2. Pemrosesan (Process)

Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
1. CU (Control Unit)
Cu atau Control Unit adalah komponen utama processor yang memiliki fungsi utama untuk mengontrol semua perangkat yang disematkan pada perangkat komputer. Sebut saja mulai dari perangkat input hingga perangkat output.
1. ALU (Arithmetic Logic Unit)
ALU atau Arithmetic Logic Unit adalah unit aritmetika logika. Salah satu bagian processor ini memiliki fungsi mengolah data aritmatika dan juga data logika. Misalnya operasi penjumlahan, pengurangan, dan lainnya (aritmatika) atau perbandingan (logika). Lebih ringkasnya pada bagian inilah terjadi proses atau prinsip kerja komputer sesungguhnya.

3. Pengeluaran (Output)

Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll.

4. Penyimpanan (Storage)

Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut.
Sebenarnya, pengolahan data ini tidaklah memiliki ujungnya. Terbukti, dari informasi yang didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan prinsip kerja dari perangkat komputer diawali dengan memasukkan data dari perangkat input. Baik melalui keyboard, mouse, atau perangkat input lainnya. Selanjutnya data dari input akan diolah sedemikian rupa oleh CPU seperti kebutuhan pengguna menggunakan sistem yang tersimpan dalam memori komputer. Proses pengolahan berlangsung cepat, secepat jeda input dimasukkan dan hasil data ditampilkan. Adapun hasil data yang sudah diolah dan disimpan bisa dilihat melalui output device. Sekian ulasan mengenai cara kerja komputer,semoga bermanfaat.

Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game Fenomenal Flappy Bird Berhasil Memperoleh Pendapatan 50 Ribu USD per Hari Para pengguna smartphone saat ini tengah diramaikan dengan sebuah game sederhana bernama Flappy Birds. Game yang dibuat oleh seorang developer indie dari Vietnam bernama Dong Nguyen ini pun berhasil meraup kesuksesan tinggi. Dalam wawancaranya dengan The Verge, Nguyen mengungkapkan bahwa game tersebut berhasil mendatangkan pemasukan sebesar 50 ribu USD per hari. Dibandingkan dengan game ternama seperti Candy Crush Saga, pendapatan tersebut memang tak terlalu tinggi. Menurut laporan yang dikutip dari Cnet, Candy Crush Saga berhasil memperoleh pendapatan sebesar 850 ribu USD. Namun untuk sebuah game sederhana seperti Flappy Birds, angka 50 ribu USD per hari tersebut tentunya sangat besar. Pendapatan Flappy Birds diperoleh dengan menghilangkan iklan yang terletak pada bagian atas dan bawah layar. Nguyen pun tak berniat untuk mengubah cara dalam memperoleh uang dari game sederhana tersebut
KLASIFIKASI KOMPUTER   Klasifikasi Komputer dibagi dalam beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan : 1. Berdasarkan Jenis Data yang Diolah a. Komputer Analog (Analog computer) Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat. b. Komputer Digital (Digital Computer) Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika. c. Komputer Hybrid (Hybrid Co